Materi Bimtek Fasilitator Dan Pelatih Kurikulum 2013 Smp Mapel Ips Tahun 2017
Berikut ini yakni berkas Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran IPS Tahun 2017. Download file format PDF.
![]() |
| Materi BIMTEK Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017 |
Materi BIMTEK Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017
Berikut ini kutipan teks dari isi berkas materi Materi BIMTEK Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017:
Pasal 4 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 ihwal Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa: Satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sanggup melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling usang hingga dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah yang belum siap melaksanakan K13 untuk tetap melaksanakan Kurikulum 2006 sambil melaksanakan persiapan-persiapan sehingga selambat-lambatnya pada tahun 2019/2020 sekolah tersebut telah mengimplementasikan K13 sehabis mencapai kesiapan yang optimal.
Untuk memfasilitasi sekolah (SMP) meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru dan membantu sekolah mengimplementasikan K13, Direktorat PSMP menyelenggarakan pembinaan dan pendampingan pelaksanaan K13 bagi SMP. Pelatihan dan pendampingan pelaksanaan K13 tersebut – dengan sejumlah kegiatan pendukung lainnya – diharapkan bisa menimbulkan jumlah Sekolah Menengah Pertama pelaksana K13 rata-rata naik 25% setiap tahun. Pada tahun 2016 ditargetkan sekitar 9.000 Sekolah Menengah Pertama telah melaksanakan K13, sementara tahun 2017 diharapkan 18.000 Sekolah Menengah Pertama (50%), tahun 2018 kurang lebih 27.000 (75%), dan tahun 2019 semua Sekolah Menengah Pertama (100%) di seluruh wilayah Indonesia.
Berdasarkan hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan K13 yang dilaksanakan oleh Direktorat PSMP pada tahun 2015, duduk perkara utama yang dihadapi oleh para guru dalam pelaksanaan K13 yakni dalam menyusun RPP, mendisain instrumen penilaian, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan penilaian, dan mengolah dan melaporkan hasil penilaian. Memperhatikan hal tersebut, pembinaan dan pendampingan pelaksanaan K13 pada tahun 2017 pada tingkat Sekolah Menengah Pertama difokuskan pada peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan penilaian, menyajikan pembelajaran dan melaksanakan penilaian, serta mengolah dan melaporkan hasil penilaian pencapian kompetensi penerima didik.
Untuk menjamin bahwa bimbingan teknis pelaksanaan K13 di semua jenjang baik nasional, provinsi, kabupaten/kota maupun sekolah sasaran mencapai hasil yang diharapkan, Direktorat PSMP tetapkan bahwa materi pembinaan untuk semua jenjang tersebut memakai materi standar yang disusun oleh Direktorat PSMP bersama dengan Pusat Kurikulum dan Pebukuan dan Pusat Penilaian Pendidikan. Materi-materi tersebut didasarkan pada dokumen-dokumen dan ketentuan-ketentuan terakhir mengenai pelaksanaan K13. Setiap unit materi terdiri atas tujuan, uraian materi, tahapan sesi pelatihan, teknik penilaian kinerja penerima pelatihan, dan daftar sumber-sumber materi untuk pengayaan. Selain itu, materi dilengkapi dengan sejumlah Lembar Kerja yang memberi panduan dan/atau ide kegiatan pelatihan.
Penyusunan materi pembinaan ini terselesaikan atas tugas serta aneka macam pihak. Direktorat PSMP memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penyusun dan penelaah yang telah bekerja dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan materi pembinaan yang layak. Semoga materi yang disusun ini merupakan amal baik yang tiada putus amalnya.
Materi bimbingan teknis ini hendaknya dipandang sebagai materi minimal dari pembinaan yang dilaksanakan pada setiap jenjang. Selain itu, dengan dinamisnya perkembangan kurikulum, materi yang disusun ini perlu selalu diubahsuaikan dengan perkembangan.
Pendahuluan
Materi pembinaan ini terdiri atas 4 potongan yang disusun sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013. Masing-masing materi terdiri atas tujuan, uraian singkat materi, lembar kerja pelatihan, dan penilaian. Adapun materi tersebut adalah:
- Materi 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian.
- Materi 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
- Materi 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian.
- Materi 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar.
Rasional
Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan semenjak digulirkan pada tahun 2013. Perbaikan-perbaikan berlandaskan pada kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 160 tahun 2014 ihwal Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.
Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan biar ada keselarasan antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan KI-KD, silabus, pembelajaran, penilaian, dan buku teks.
Perbaikan tersebut dilaksanakan menurut prinsip sebagai berikut.
1. Keselarasan
Dokumen KI-KD, Silabus, Buku Teks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi.
2. Praktis Dipelajari
Lingkup kompetensi dan materi yang dirumuskan dalam KD gampang dipelajari oleh penerima didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
3. Praktis Diajarkan
Lingkup kompetensi dan materi yang dirumuskan pada KD gampang diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya berguru penerima didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber berguru yang ada di lingkungan.
4. Terukur
Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang gampang dirumuskan dan layak dilaksanakan.
5. Bermakna untuk Dipelajari
Kompetensi dan materi yang diajarkan memiliki kebermaknaan bagi penerima didik sebagai bekal kehidupan.
Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum 2013 di atas, maka diharapkan beberapa teladan mudah biar guru untuk sanggup mengimplementasikannya dengan sempurna terutama yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya. Untuk kepentingan itulah Direktorat PSMP menyusun Materi Pelatihan Guru ini, yang disusun dalam 4 potongan yang saling terkait
Tujuan
Penyusunan materi pembinaan ini bertujuan untuk:
- mengembangkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran IPS menurut tuntutan Kurikulum 2013;
- mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013; dan
- meningkatkan keterampilan praktik pembelajaran IPS di kelas VII.
Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pembinaan ini adalah:
- meningkatnya kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran IPS menurut tuntutan Kurikulum 2013;
- meningkatnya keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013; dan
- meningkatnya keterampilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran IPS di kelas VII.
Download Materi BIMTEK Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas materi Materi BIMTEK Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
Materi BIMTEK Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017
Download File:
Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Materi BIMTEK Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Mapel IPS Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Materi Bimtek Fasilitator Dan Pelatih Kurikulum 2013 Smp Mapel Ips Tahun 2017"
Posting Komentar